Contoh Business Plan Nangka Crispy Krenyess


BUSINESS PLAN
NANGKA CRISPY KRENYESS
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mandiri Mata Kuliah Kepemimpinan dan Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr. Rita Kusuma Dewi, SE, MM

Disusun Oleh :
Abdullah Habibi (1414233179)
Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam
Jurusan Perbankan Syari’ah 5
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI
CIREBON
 TAHUN 2015
Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Telp. (0231) 481264 Fax. (0231) 489926 Cirebon 451132





EXECUTIVE SUMMARY

A.    Data Usaha
Nama Usaha    : Nangka Crispy Krenyess
Jenis Usaha     : Produksi
Jenis Produk    : Olahan Makanan
Lokasi Usaha  : Jl. Raya Mandirancan RT 09 RW 03 Desa Nanggela, Kec.                           Mandirancan, Kab. Kuningan
Kontak Person            : 089669553497

B.     Gambaran Pasar Untuk Produk
            Setiap saat dan dimana saja, manusia tak terlepas dari mengkonsumsi makanan baik makanan ringan maupun makanan berat, hal ini dilakukan demi menjalankan aktifitas sehari-hari secara maksimal, karena ketika manusia dalam keadaan lapar maka daya ingat serta konsentrasi mereka dalam berpikir akan menurun sehingga tidak maksimal dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.
            Oleh karena itu, saya mencoba membuat sebuah makanan olahan dari  nangka, nangka tersebut dibuat dalam bentuk nangka Crispy. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut dapat mengisi perut yang kosong serta dapat meningkatkan kembali kerja otak sehingga manusia dapat menjalankan rutinitas sehari-hari secara maksimal.
            Disamping itu nangka juga mempunyai banyak khasiat diantaranya adalah dapat mengurangi resiko jantung, memelihara kesehatan mata dan kulit, serta baik dikonsumsi untuk orang yang sedang melakukan program diet. Maka ini menjadi suatu peluang usaha yang menjanjikan, karena banyak orang yang ingin hidup sehat sehingga banyak membeli buah nangka, nangka crispy pun bisa menjadi sasaran para konsumen karena dikemas dengan menarik sehingga mudah dikonsumsi dan mudah dibawa kemana saja.

C.    Aksi-aksi Strategis Untuk Meraih Kesuksesan
            Aksi-aksi yang dapat mendukung keberhasilan produk agar cepat terjual yaitu dengan cara pelayanan dengan ramah tamah terhadap konsumen dan juga produk dikemas semenarik mungkin agar dapat menjadi ketertarikan tersendiri kunsumen untuk membeli produk tersebut.

PROFIL USAHA
            Produk ini terbuat dari bahan baku pokok yaitu nangka yang diolah dengan cara mengaduk rata nangka dengan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, dan baking powder serta ditambahkan dengan air dan telur. Diaduk sampai tidak ada yang menggumpal. Setelah itu digoreng hingga berwarna kecoklatan kemudian diangkat lalu ditiriskan.
            Dalam aspek pemasaran, produk dijual langsung yaitu dijual ditempat usaha yang telah disediakan dan dikemas dengan menarik, kemudian di pasarkan di toko-toko terdekat dari lokasi usaha.

STRATEGI USAHA
            Produk dibuat dengan serenyah mungkin agar terasa kerenyahannya yang dapat menggoyang lidah para konsumen.
            Rencana untuk memasarkan produk yaitu dengan menjualnya langsung di lokasi usaha dan di pasarkan juga di toko toko terdekat disekitar lokasi usaha. Hal ini dilakukan dengan harapan agar usaha nangka crispy semakin berkembang ke berbagai daerah.
            Karena di sekitar lokasi usaha belum ada produk yang sama, maka ini akan menjadi sebuah peluang yang besar. Mayoritas orang ingin mencoba hal yang baru. Begitupun dengan nangka crispy. Hal ini akan menjadi ketertarikan konsumen untuk membelinya. Kemudian dalam strategi pemasaran yaitu dengan cara membuat pamplet atau brosur yang disebar ke berbagai daerah agar orang-orang mengetahui bahwa saya membuka usaha nangka crispy.

ASPEK PRODUKSI
A.    Analisis Bahan Baku
      Bahan baku usaha ini adalah buah nangka yang dapat ditemukan di pasaran. Bahan baku ini tidak mengandung pengawet serta mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan.
B.     Sifat Bahan Baku
      Nangka merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin C, vitamin A, serat, rendah kolestrol, selain itu nangka juga memiliki khasiat yaitu mengurangi resiko penyakit jantung, memelihara kesehatan mata dan kulit, dapat menjadi sumber energi, selain itu nangka juga dapat diolah menjadi berbagai macam mulai dari kripik, manisan, dll.

ASPEK PEMASARAN
A.    Pangsa Pasar
            Target Pemasaran Produk ini yaitu pelajar serta masyarakat umum yang berada disekitar lokasi usaha, serta masyarakat luar yang melintasi jalan tersebut karena lokasi usaha berada ditempat yang strategis yaitu didepan jalan raya.
B.     Lokasi Pemasaran
            Lokasi pemasaran berada di Jl.Raya Mandirancan Kab. Kuningan, berada dalam lingkungan yang ramai penduduk dan dekat dengan wilayah pendidikan seperti SMP, SMA, dan SMK Mandirancan.
C.     Strategi Pemasaran
            Pemasaran awal akan dilakukan dengan menjualnya langsung dilokasi usaha, selain itu produk dipasarkan di toko-toko sekitar lokasi usaha, dipasarkan juga dengan cara membuat pamplet atau brosur tentang usaha tersebut.
            Untuk menambah daya tarik konsumen, maka dilakukan promosi yaitu setiap pembelian 10 bungkus nangka crispy maka akan mendapatkan 1 bungkus nangka crispy gratis, kemudian gratis 1bungkus nangka crispy apabila ada kunsumen yang berulang tahun pada hari tersebut.
D.    Analisis Pesaing
            Dalam analisis pesaing, saya menggunakan Analisis SWOT antara usaha saya dan usaha pesaing. Berikut adalah uraian analisis pesaing :

No
Aspek
Usaha Sendiri
Pesaing
1
Strenght
-       Produk gurih untuk dikonsumsi
-       Mempunyai satu rasa diunggulkan.
-          Produk lebih gurih karena terbuat dari tepung terigu yang cukup berkualitas.
-          Mempunyai banyak rasa.
2
Weakness
-       Kemasan masih sederhana.
-            Kemasan kurang menarik.
3
Opportunity
-       Karena produk ini langka maka akan dicari oleh konsumen yang ada disekitar lokasi usaha.
-          Produk pesaing sudah tersebar di berbagai daerah sehingga peluang pendapatan besar
4
Theart
-          Nangka akan busuk jika tidak segera diolah.
-          Kelangkaan nangka akan menjadi harga jual nangka meningkat
-            Nangka cepat membusuk ketika sudah terlalu matang.
-            Sulit mendapatkan buah nangka di daerah usaha pesaing.


DATA FINANSIAL

A.    Biaya Variable Per Bulan
1.      Biaya Bahan Baku
No
Nama Bahan Baku
Volume
Harga Satuan
Jumlah
1
Buah Nangka
8 buah
Rp 50.000
Rp    400.000
2
Minyak Goreng
4 kg
Rp 13.000
Rp      52.000
3
Gula Pasir
4 kg
Rp 10.000
Rp      40.000
4
Tepung Terigu
8 kg
Rp 10.000
Rp      80.000
5
Tepung Beras
8 kg
Rp 10.000
Rp      80.000
6
Telur
4 krat
Rp 80.000
Rp    320.000
7
Baking Powder
4 kg
Rp 15.000
Rp      60.000
Total Biaya Bahan Baku
Rp 1.032.000

2.      Biaya Perlengkapan
No
Nama Perlengkapan
Volume
Harga Satuan
Jumlah
1
Gas 3 Kg
4 tabung
Rp  30.000
Rp 120.000
2
Air isi ulang
4 galon
Rp    5.000
Rp   20.000
3
Kertas Bungkus
4 bungkus
Rp    5.000
Rp   20.000
4
Plastik
10 bungkus
Rp    5.000
Rp   50.000
Total Biaya Perlengkapan
Rp 210.000

B.     Biaya Tetap Per Bulan
1.      Biaya Operasi
No
Nama Biaya
Volume
Harga Satuan
Jumlah
1
Beban Gaji
1 karyawan
Rp  500.000
Rp  500.000
1
Beban Iklan
4x penayangan
Rp    10.000
Rp   40.000
2
Transportasi
12 liter
Rp      7.400
Rp   90.000
3
Zakat Usaha
1 bulan
Rp      20.000
Rp     20.000
4
Beban Utang
1 bulan
Rp    220.000
Rp   220.500
Total Biaya Operasi
Rp  870.500

2.      Biaya Peralatan
No
Nama Peralatan
Volume
Harga Satuan
Jumlah
1
Kompor
1 unit
Rp   300.000
Rp         300.000
2
Penggorengan
1 unit
Rp     40.000
Rp           40.000
3
Spatula
1 unit
Rp     10.000
Rp           10.000
4
Gerobak
1 unit
Rp 2.000.000
Rp      2.000.000
Total Biaya Peralatan
Rp     2.350.000

3.      Total Biaya
No
Keterangan
Jumlah
1
Total Biaya Bahan Baku
Rp 1.032.000
2
Total Biaya Perlengkapan
Rp    210.000
3
Total  Biaya Operasi
Rp    870.500
4
Total Biaya Peralatan
Rp 2.350.000
Total Biaya
Rp 4.462.500





Komentar

Postingan Populer