Contoh Business Plan Nangka Crispy Krenyess
BUSINESS PLAN
NANGKA CRISPY KRENYESS
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas
Mandiri Mata Kuliah Kepemimpinan dan Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr. Rita Kusuma
Dewi, SE, MM
Disusun Oleh :
Abdullah Habibi (1414233179)
Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam
Jurusan Perbankan Syari’ah 5
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI
CIREBON
TAHUN 2015
Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi
Telp. (0231) 481264 Fax. (0231) 489926 Cirebon 451132
EXECUTIVE SUMMARY
A.
Data Usaha
Nama Usaha : Nangka Crispy
Krenyess
Jenis Usaha : Produksi
Jenis Produk : Olahan
Makanan
Lokasi Usaha : Jl. Raya
Mandirancan RT 09 RW 03 Desa Nanggela, Kec. Mandirancan, Kab. Kuningan
Kontak Person :
089669553497
B.
Gambaran Pasar Untuk Produk
Setiap saat dan dimana saja, manusia tak terlepas dari mengkonsumsi
makanan baik makanan ringan maupun makanan berat, hal ini dilakukan demi
menjalankan aktifitas sehari-hari secara maksimal, karena ketika manusia dalam
keadaan lapar maka daya ingat serta konsentrasi mereka dalam berpikir akan
menurun sehingga tidak maksimal dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.
Oleh karena itu,
saya mencoba membuat sebuah makanan olahan dari nangka, nangka tersebut dibuat dalam bentuk
nangka Crispy. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut dapat mengisi perut yang
kosong serta dapat meningkatkan kembali kerja otak sehingga manusia dapat
menjalankan rutinitas sehari-hari secara maksimal.
Disamping itu
nangka juga mempunyai banyak khasiat diantaranya adalah dapat mengurangi resiko
jantung, memelihara kesehatan mata dan kulit, serta baik dikonsumsi untuk orang
yang sedang melakukan program diet. Maka ini menjadi suatu peluang usaha yang
menjanjikan, karena banyak orang yang ingin hidup sehat sehingga banyak membeli
buah nangka, nangka crispy pun bisa menjadi sasaran para konsumen karena
dikemas dengan menarik sehingga mudah dikonsumsi dan mudah dibawa kemana saja.
C.
Aksi-aksi Strategis Untuk Meraih Kesuksesan
Aksi-aksi yang
dapat mendukung keberhasilan produk agar cepat terjual yaitu dengan cara
pelayanan dengan ramah tamah terhadap konsumen dan juga produk dikemas
semenarik mungkin agar dapat menjadi ketertarikan tersendiri kunsumen untuk
membeli produk tersebut.
PROFIL USAHA
Produk ini terbuat dari bahan baku
pokok yaitu nangka yang diolah dengan cara mengaduk rata nangka dengan tepung
terigu, tepung beras, gula pasir, dan baking powder serta ditambahkan dengan
air dan telur. Diaduk sampai tidak ada yang menggumpal. Setelah itu digoreng
hingga berwarna kecoklatan kemudian diangkat lalu ditiriskan.
Dalam aspek pemasaran, produk dijual
langsung yaitu dijual ditempat usaha yang telah disediakan dan dikemas dengan
menarik, kemudian di pasarkan di toko-toko terdekat dari lokasi usaha.
STRATEGI USAHA
Produk dibuat dengan serenyah
mungkin agar terasa kerenyahannya yang dapat menggoyang lidah para konsumen.
Rencana untuk memasarkan produk yaitu
dengan menjualnya langsung di lokasi usaha dan di pasarkan juga di toko toko
terdekat disekitar lokasi usaha. Hal ini dilakukan dengan harapan agar usaha
nangka crispy semakin berkembang ke berbagai daerah.
Karena di sekitar lokasi usaha belum
ada produk yang sama, maka ini akan menjadi sebuah peluang yang besar.
Mayoritas orang ingin mencoba hal yang baru. Begitupun dengan nangka crispy.
Hal ini akan menjadi ketertarikan konsumen untuk membelinya. Kemudian dalam
strategi pemasaran yaitu dengan cara membuat pamplet atau brosur yang disebar
ke berbagai daerah agar orang-orang mengetahui bahwa saya membuka usaha nangka
crispy.
ASPEK PRODUKSI
A.
Analisis
Bahan Baku
Bahan baku usaha ini adalah buah nangka
yang dapat ditemukan di pasaran. Bahan baku ini tidak mengandung pengawet serta
mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan.
B.
Sifat
Bahan Baku
Nangka merupakan buah-buahan yang
mengandung vitamin C, vitamin A, serat, rendah kolestrol, selain itu nangka
juga memiliki khasiat yaitu mengurangi resiko penyakit jantung, memelihara
kesehatan mata dan kulit, dapat menjadi sumber energi, selain itu nangka juga
dapat diolah menjadi berbagai macam mulai dari kripik, manisan, dll.
ASPEK PEMASARAN
A.
Pangsa
Pasar
Target Pemasaran
Produk ini yaitu pelajar serta masyarakat umum yang berada disekitar lokasi
usaha, serta masyarakat luar yang melintasi jalan tersebut karena lokasi usaha
berada ditempat yang strategis yaitu didepan jalan raya.
B.
Lokasi
Pemasaran
Lokasi pemasaran
berada di Jl.Raya Mandirancan Kab. Kuningan, berada dalam lingkungan yang ramai
penduduk dan dekat dengan wilayah pendidikan seperti SMP, SMA, dan SMK Mandirancan.
C.
Strategi
Pemasaran
Pemasaran awal
akan dilakukan dengan menjualnya langsung dilokasi usaha, selain itu produk
dipasarkan di toko-toko sekitar lokasi usaha, dipasarkan juga dengan cara
membuat pamplet atau brosur tentang usaha tersebut.
Untuk menambah
daya tarik konsumen, maka dilakukan promosi yaitu setiap pembelian 10 bungkus
nangka crispy maka akan mendapatkan 1 bungkus nangka crispy gratis, kemudian
gratis 1bungkus nangka crispy apabila ada kunsumen yang berulang tahun pada
hari tersebut.
D.
Analisis
Pesaing
Dalam analisis
pesaing, saya menggunakan Analisis SWOT antara usaha saya dan usaha pesaing.
Berikut adalah uraian analisis pesaing :
No
|
Aspek
|
Usaha Sendiri
|
Pesaing
|
1
|
Strenght
|
- Produk gurih untuk dikonsumsi
- Mempunyai satu rasa diunggulkan.
|
-
Produk
lebih gurih karena terbuat dari tepung terigu yang cukup berkualitas.
-
Mempunyai
banyak rasa.
|
2
|
Weakness
|
- Kemasan masih sederhana.
|
-
Kemasan
kurang menarik.
|
3
|
Opportunity
|
- Karena produk ini langka maka akan
dicari oleh konsumen yang ada disekitar lokasi usaha.
|
-
Produk
pesaing sudah tersebar di berbagai daerah sehingga peluang pendapatan besar
|
4
|
Theart
|
-
Nangka
akan busuk jika tidak segera diolah.
-
Kelangkaan
nangka akan menjadi harga jual nangka meningkat
|
-
Nangka
cepat membusuk ketika sudah terlalu matang.
-
Sulit
mendapatkan buah nangka di daerah usaha pesaing.
|
DATA FINANSIAL
A.
Biaya Variable Per Bulan
1.
Biaya
Bahan Baku
No
|
Nama Bahan Baku
|
Volume
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Buah Nangka
|
8 buah
|
Rp 50.000
|
Rp 400.000
|
2
|
Minyak Goreng
|
4 kg
|
Rp 13.000
|
Rp 52.000
|
3
|
Gula Pasir
|
4 kg
|
Rp 10.000
|
Rp 40.000
|
4
|
Tepung Terigu
|
8 kg
|
Rp 10.000
|
Rp 80.000
|
5
|
Tepung Beras
|
8 kg
|
Rp 10.000
|
Rp 80.000
|
6
|
Telur
|
4 krat
|
Rp 80.000
|
Rp 320.000
|
7
|
Baking Powder
|
4 kg
|
Rp 15.000
|
Rp 60.000
|
Total Biaya Bahan Baku
|
Rp 1.032.000
|
|||
2.
Biaya
Perlengkapan
No
|
Nama Perlengkapan
|
Volume
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Gas 3 Kg
|
4 tabung
|
Rp 30.000
|
Rp 120.000
|
2
|
Air isi ulang
|
4 galon
|
Rp 5.000
|
Rp 20.000
|
3
|
Kertas Bungkus
|
4 bungkus
|
Rp 5.000
|
Rp 20.000
|
4
|
Plastik
|
10 bungkus
|
Rp 5.000
|
Rp 50.000
|
Total Biaya Perlengkapan
|
Rp 210.000
|
|||
B.
Biaya Tetap Per Bulan
1.
Biaya
Operasi
No
|
Nama Biaya
|
Volume
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Beban Gaji
|
1 karyawan
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
1
|
Beban Iklan
|
4x penayangan
|
Rp 10.000
|
Rp 40.000
|
2
|
Transportasi
|
12 liter
|
Rp 7.400
|
Rp 90.000
|
3
|
Zakat Usaha
|
1 bulan
|
Rp 20.000
|
Rp 20.000
|
4
|
Beban Utang
|
1 bulan
|
Rp 220.000
|
Rp 220.500
|
Total Biaya Operasi
|
Rp 870.500
|
|||
2.
Biaya
Peralatan
No
|
Nama Peralatan
|
Volume
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Kompor
|
1 unit
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
2
|
Penggorengan
|
1 unit
|
Rp 40.000
|
Rp 40.000
|
3
|
Spatula
|
1 unit
|
Rp 10.000
|
Rp 10.000
|
4
|
Gerobak
|
1 unit
|
Rp 2.000.000
|
Rp 2.000.000
|
Total Biaya Peralatan
|
Rp 2.350.000
|
|||
3.
Total
Biaya
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Total Biaya Bahan Baku
|
Rp 1.032.000
|
2
|
Total Biaya Perlengkapan
|
Rp 210.000
|
3
|
Total Biaya Operasi
|
Rp 870.500
|
4
|
Total Biaya Peralatan
|
Rp 2.350.000
|
Total Biaya
|
Rp 4.462.500
|
|

Komentar
Posting Komentar